7 Hal yang Dapat Menyebabkan Kegagalan Hati

Apakah kalian tahu bahwa hati merupakan organ terbesar dan juga terberat yang terdapat dalam tubuh manusia? Hati termasuk kedalam organ vital yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh seperti menyangkut aktivitas metabolisme, pencernaan, detoksifikasi dll. Dari hal tersebut, sangat penting sekali untuk kita selalu merawat organ hati.

Hal yang Dapat Menyebabkan Kegagalan Hati

Sumber: i.ytimg.com

Ada segudang faktor yang bisa sebabkan fungsi hati terganggu atau penyakit hati. Yang pada akhirnya penyakit tersebut menyebabkan gagal hati.

Pada dasarnya, organ hati bisa memperbaiki dirinya sendiri, dengan beregenerasi. Namun, karena beberapa faktor dan kondisi perbaikan tersebut tidak dapat dilakukan. Kegagalan hati terjadi saat organ tersebut rusak tidak bisa diperbaiki, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondisi yang bisa mengancam jiwa tersebut memiliki dua jenis, yaitu gagal hati akut dan gagal hati kronis.

Pada gagal hati akut, hati tidak berfungsi dengan baik dalam beberapa hati bahkan bulan. Dan untuk gagal hati kronis, kondisi hati tidak berfungsi dengan baik selama beberapa tahun.

Untuk gagal hati, pengobatan dilakukan tergantung pada tingkat keparahan organ hati. Dokter mungkin akan mencoba untuk memperbaiki bagian organ hati yang masih berfungsi atau dalam kasus yang lebih parah, penderita mungkin harus melakukan transplantasi hati.

Agar kita lebih bisa untuk merawat organ hati, ketahuilah hal-hal yang dapat menyebabkan hegagalan hati.

Mengkonsumsi alkohol jangka panjang

Alkohol merupakan salah satu penyebab utama penyakit hati, misalnya peradangan, perlemakan hati dan sirosis. Fungsi utama hati salah satunya adalah memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Ketika fungsi tersebut dilakukan pada alkohol, sel-sel hati berangsur-angsur akan rusak. Sel-sel hati yang rusak bisa sebabkan peradangan. Beberapa penelitian menunjukan orang yang sering mengonsumsi alkohol akan lebih mungkin untuk menderita penyakit hati.

Obesitas

Penyebab lain yang umum dialami penderita gagal hati adalah perlemakan hati. Orang yang memiliki kondisi medis obesitas, yang mana tubuh kelebihan lemak, biasanya organ hati juga akan demikian. Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang menderita obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan penyakit hati, pada akhirnya akan sebabkan gagal hati.

Mengonsumsi obat berlebihan

Beberapa jenis obat memiliki efek yang bisa memperburuk kondisi hati atau sebabkan penyakit hati. Misalnya, antidepresan, penstabilan suasana hati dan ketika digunakan secara berlebihan bisa sebabkan kerusakan hati.

Diabetes

Beberapa penelitian menyatakan bahwa diabetes bisa meningkatkan risiko kerusakan hati sebesar 50%. Tingginya kadar insulin darah merupakan salah satu penyebab utama kenaikan berat badan. Dan bila kondisi ini terus berlanjut bisa sebabkan penyakit perlemakan hati dan akhirnya menyebabkan gagal hati.

Baca juga: 5 Makanan yang Ramah Untuk Organ Hati

Konsumsi suplemen berlebihan

Mengonsumsi suplemen bisa sebabkan peningkatan produksi enzim hati. Yang mana bisa sebabkan peradangan dan jaringan parut. Penting sekali untuk terlebih dahulu membaca efek samping dari suplemen yang akan kita konsumsi.

Merokok

Merokok secara tidak langsung bisa mempengaruhi organ hati, yang mana bisa meningkatkan risiko penyakit hati. Bahan berbahaa dalam asap rokok bisa sebabkan kerusakan permanen pada sel-sel hati.

Mengonsumsi garam berlebihan

Memberikan asupan garam yang tinggi pada tubuh bisa meningkatkan retensi ari dalam hati yang bisa sebabkan pembengkakan. Dan apabila mengonsumsi garam berlebihan terlalu sering bisa sebabkan peradangan dan kerusakan hati. Dan dalam jangka panjang, kebiasaan mengonsumsi tinggi garam bisa sebabkan keruskan hati permanen.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan hati. Pastikan untuk menjauhi kebiasaan tersebut, hidup seimbang bisa membawa kesehatan dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *