8 Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Pare atau peria merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis. Buah dari pare ini memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk masakan sampai obat-obatan. Namun, kebanyak orang mungkin tidak menyukai dengan pare, karena rasanya yang pahit. Namun, banyak ahli gizi, ahli kesehatan dan dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi pare secara rutin, karena kandungan dalam pare memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan
Sumber: pixabay.com

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengolah buah pare sebagai makanan. Pengetahuan mengenai manfaat dari buah pare ini mungkin akan mengubah pemikiran banyak orang untuk tidak enggan lagi mengonsumsi buah pahit yang kaya akan manfaat ini, berikut adalah beberapa manfaat buah untuk kesehatan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mungkin pare bagi beberapa orang dikenal sebagai buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kalian bisa meminum air rebusan buah pare secara rutin. Ini ditujukan untuk melawan beragam infeksi dan juga penyakit. Buah pare kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang mampu membantu menghilangkan radikal bebas tubuh.

Menyembuhkan gangguan pernapasan

Bagi kalian yang sedang mengalami gangguan pernapasan seperti, pilek, batuk dan asma, bisa langsung mengonsumsi jus buah pare atau dimakan mentah, karena kandungan dalam buah pare mampu menyembuhkan gangguan pernapasan. Konsumsilah setiap hari ketika pagi, sebelum sarapan.

Mengurangi jerawat

Buah pare sangat baik untuk membersihkan dan medetoksifikasi darah. Sehingga mampu mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh dari dalam. Selain itu, kandungan dalam buah pare juga bisa menyembuhkan banyak infeksi kulit dan darah lainnya, seperti bisul, kudis, penyakit infeksi jamur dll.

Untuk mengobati diabetes tipe 2

Buah pare memiliki kandungan fitonutrien dan polipeptida-P yang merupakan insulin tanaman yang dikenal untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, agen hipoglikemik yang disebut charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel-sel hati, otot dan jaringan adiposa. Senyawa-senyawa dalam pare ini telah dianggap bertanggung jawab atas penurunan kadar gula darah dalam pengobatan diabetes tipe-2.

Baca juga: 7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Membantu menurunkan berat badan

Hadirnya antioksidan dalam buah pare berguna untuk membersihkan segela hal yang bersifat menaikan berat badan. Terbukti, bahwa mengonsumsi jus buah pare mampu membantu secara efektif dalam penurunan berat badan.

Meningkatkan penglihatan mata

Beta-karoten dalam buah pare berguna untuk mengurangi infeksi mata, dan juga meningkatkan penglihatan.

Mengurangi sembelit

Bagi kalian yang sering menderita masalah perut atau susah buang air besar. Orang yang diet seharusnya memasukan buah pare ini dalam menu makan sehari-hari mereka. Karena seratnya membantu dalam melancarkan pencernaan.

Mencegah penyakit jantung

Buah pare mambantu dalam mengurangi kadar kolesterol tubuh, yang sering menghambat aliran darah dalam dinding arteri yang bisa sebabkan masalah pada jantung. Cegah penyakit jantung sedini mungkin dengan rutin mengonsumsi buah pare.

Lupakanlah sejenak akan kepahitan dalam buah pare ketika mengonsumsinya, karena rasa pahit tersebut akan dibayar oleh beragam manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan organ dalam, buah pare juga mampu membantu kesehatan rambut dan kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan terhindari dari beragan infeksi, seperti jerawat, dan juga mengurangi rambut rontok, kulit kepala yang kering dan gatal.

Leave a Comment