Kandungan dan Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal buah yang bernama Blewah. Buah ini populer sekali ketika masyarakat memasuki bulan Ramadhan. Blewah ini sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Buah ini memiliki bentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Manfaat Buah Blewah
Sumber: en.wikipedia.org

Blewah ini berbentuk lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Dibalik rupa blewah yang kurang enak dipandang ini menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebelum mengenal manfaat blewah, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu kandungan dalam buah blewah ini. Berikut beberapa nutrisi dalam blewah:

  • Vitamin A – 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  • Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  • Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  • Folat – sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat)
  • Magnesium – 12,69 mgMang
  • an – 0,03 mg
  • Tembaga – 0,05 mg
  • Seng – 0,10 mg
  • Kobalt – 0,003 mg
  • Krom – 0,005 mg

Dan berikut adalah beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan:

Menjaga mata tetap sehat

Blewah tinggi akan beta-karoten, yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah rabun senja. Buah blewah ini juga mengandung zeaxanthin yang merupakan antioksidan, dan berfungsi menyaring sinar biru yang datang dari layar gadget, monitor atau perangkat serupa lainnya, dan juga dapat menangkal degenerasi makula pada mata.

Meningkatkan kesehatan paru-paru

Kandungan vitamin C dan beta-karoten tinggi yang ditemukan dalam blewah dapat menurunkan risiko terkena asma. Sebuah studi menunjukan suplemen beta-karoten efektif sekali terhadap asma akibat kelelahan. Dan beta-karoten tersebut bisa didapatkan pada blewah, yang merupakan sumber beta-karoten alami.

Meningkatkan kesehatan jantung

Blewah mampu tingkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Kalium, vitamin C, serat dan kolin mampu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Blewah juga membantu menurunkan tingkat penyakit kronis dan stres oksidatif dalam tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan risiko kanker

Flavonoid dalam blewah bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu tubuh dalam menghambat perkembangan kanker, seperti pada usus besar, payudara, prostat, endometrium, pankreas dan paru-paru. Beta-karoten juga sangat protektif terhadap prostat dan kanker usus besar.

Meningkatkan pencernaan

Semua jenis melon memiliki khasiat mampu membantu memperbaiki pencernaan. Kita tahu bahwa blewah merupakan salah satu jenis buah melon. Waktu terbaik untuk mengonsumsi blewah ini adalah ketika perut kosong, karena kandungan dalam blewah mampu diserap dengan cepat oleh tubuh, sekitar 20-30 menit. Kadar serat dan air yang tinggi, membuat keduanya mampu meningkatkan kesehatan usus dan membantu dalam mencegah sembelit.

Mengurangi peradangan pada seluruh tubuh

Blewah memiliki varian fitonutrien yang merupakan anti-inflamasi. Sehingga bisa mengurangi peradangan kronis dan juga membantu dalam penyerapan lemak dan transmisi implus saraf.

Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Salah satu sumber terbaik vitamin C adalah blewah, dan ini yang membuat buah ini baik bagi kulit dan rambut. Vitamin dibutuhkan tubuh untuk pembangungan dan pertahanan kolagen, yang mana kolagen ini menyediakan struktur untuk kulit dan rambut.

Menurunkan risiko sindrom metabolik

Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa blewah mampu menurunkan risiko sindorm metabolik. Khasiat dari mengonsumsi blewah erat kaitannya dengan peningkatan C-reactive protein (CRP), yang merupakan indikator yang digunakan untuk menilai tingkat peradangan dalam tubuh.

Membantu kerja ginjal

Blewah memiliki kandungan yang berfungsi sebgai diuretik alami, sehingga tubuh akan sering buang air kecil dan membuat racun cepat keluar dari tubuh. Buang air kecil normalnya sekitar 10-12 kali, dan hal tersebut bisa menjaga organ ginjal tetap sehat. Blewah juga kaya akan kalium, yang bisa mengurangi pembentukan batu ginjal.

Demikian beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan. Baik dikonsumsi setiap hari secara rutin.

Leave a Comment