Cara Efektif Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Menghabiskan waktu libur dengan latihan fisik atau olahraga intesif merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, bagaimana jadinya bila tubuh tidak terbiasa dengan hal tersebut? Mulanya tubuh akan bersemangat dan segar, akan tetapi sehari kemudian, otot-otot tubuh pasti akan merasakan kaku dan nyeri.

Cara Efektif Mengatasi Nyeri Otot
Sumber: www.public-domain-image.com

Rasa kaku dan nyeri setelah berolahraga tersebut disebut juga dengan serangan nyeri otot yang tertunda (DOMS—Delayed Onset Muscle Soreness). Penyebab hal tersebut karena ketika otot harus bekerja lebih keras atau dengan cara yang berbeda dari biasanya, sehingga sebabkan kerusakan mikroskopis pada serat otot. Dan akibatnya otot-otot terasa nyeri. Kondisi ini bisa hilang dalam beberapa minggu, atau berkurang kalau tubuh terbiasa untuk berolahraga. Pegal dan rasa nyeri tersebut adalah bagian dari proses adaptasi, yang akhirnya menghasilkan stamina dan kekuatan lebih besar setelah otot pulih.

Pemulihan kondisi otot memang lama, tapi bisa segera menghilang dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Namun ini sangat tidak disarankan, karena bisa mempengaruhi kesehatan otot-otot.

Dan cara efektif mengatasi nyeri otot setelah olahraga adalah dengan yang alami. Berikut adalah beberapa cara mengatasi nyeri otot setelah berolahraga:

Jus ceri

Konsumsilah jus ceri atau buah ceri secara langsung, ini bisa meringankan nyeri otot. Penelitian membuktikan bahwa sifat antioksidan dari buah ceri memungkinkan untuk mengurangi peradangan dan meringankan nyeri pada otot.

Garam epsom

Cobalah mandi dengan air campuran garam epsom, cara ini terbukti bisa menghilangkan nyeri otot. Cara ini populer sekali untuk hilangkan nyeri otot, baik akibat olahraga atau hal yang lainnya. Mineral utama yaitu magnesium bisa merilekskan otot tubuh.

Kafein

Mengonsumsi kopi bisa bertindak sebagai agen alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati nyeri otot. Selain kopi, minuman atau makanan lain yang berkafein juga bisa menjadi solusi.

Baca juga: Sumber Vitamin Untuk Mata Agar Tetap Sehat

Kompres es

Ketika kaku dan nyeri otot melanda setelah olahraga, kalian bisa menempatkan kompres es pada bagian tubuh yang merasa nyeri. Cara ini bisa meringankan rasa kaku dan nyeri otot.

Kunyit

Kandungan kunyit bisa menjadi obat penghilang rasa nyeri otot. Anti-inflamasi dan antioksidan dalam kunyit adalah kuncinya. Cara, kalian bisa menambahkan serbuk kunyit setengah sendok makan pada susu, lalu minum dua kali sehari.

Pijatan

Cara ampuh lain yang bisa meredakan nyeri otot adalah dengan memijat lembut bagian tubuh yang sakit. Lakukan dua kali sehari.

Terus bergerak

Walaupun tubuh terasa sakit, teruslah bergerak dan teruskan berolahraga. Karena rasa sakit pada tubuh akan berkurang kalau tubuh terus bergerak.

Cuka sari apel

Jenis cuka yang satu ini baik sekali untuk meredakan rasa sakit pada otot-otot. Sifat anti-inflamasinya, secara efisien dapat meringankan rasa sakit pada otot-otot. Kalian cukup mengoleskan cuka sari apel pada bagian tubuh yang sakit.

Demikian cara efektif mengatasi nyeri toto setelah olahraga. Pastikan juga memenuhi asupan nutrisi yang tepat.

Leave a Comment