7 Cara Mengobati Diare Secara Alami

Penyakit diare adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2007, Departmen Kesehatan RI melakukan riset terhadapat penderita diare, dan ternyata diare menduduki peringkat ketigabelas sebagai penyebab kematian semua umur. Dan lagi, masyarakat sepertinya enggan menggunakan obat-obatan bebas. Sebagai solusinya dibutuhkan cara mengobati diare secara alami, karena cara ini efektif dan tidak ada efek samping.

Cara Mengobati Diare

Sumber: youtube.com

Ketika seseorang menderita diare frekuensi buang air besarnya akan lebih sering dibandingkan dengan biasanya dan disertai tinja encer. Kondisi tersebut terjadi akibat dari tubuh disuplai makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Diare pada umumnya hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang hingga berminggu-minggu.

Diare ini memiliki gejala yang berbeda-beda, misalnya ada yang hanya sakit perut singkat, dan tinja yang tidak terlalu cair, ada juga yang mengalam ikram perut dengan tinja yang sangat cair. Biasanya penderita akan sering buang air kecil bila penderita mengalami diare jangka panjang. Adapun gejala lain dari diare adalah hilang nafsu makan, sakit kepala, mual, muntah.

Segera periksa ke dokter apabila kondisi tersebut terjadi selama lebih dari 2 hari. Kalian juga bisa segera mengatasinya dengan cara mengobati diare secara alami seperti dibawah ini:

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan sifat antibakteri yang bisa mengatasi bakteri penyebab dari diare. Cara konsumsinya bisa dengan diekstrak, yaitu ambil sari kunyitnya lalu campurkan pada air minum sekitar 1 sendok makan. Minum 2 kali sehari.

Jahe

Kandungan dalam jahe mempunyai sifat yang bisa menyembuhkan beragam masalah sistem pencernaan, termasuk diare. Caranya potong-potong jahe, lalu rebus, kemudia ambil air rebusannya lalu minum.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Selangkangan

Pisang

Buah pisang ini memiliki serat dan pektin. Dan juga mengandung kalsium. Cobalah untuk makan pisang tiga kali sehari ketika gejala diare datang.

Cuka apel

Diare yang merupakan penyakit akibat bakteri bisa diatasi dengan antibiotik dalam cuka apel. Cara mengobati diare dengan cuka apel ini mudah, siapkan segelas air hangat, lalu tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dan beberapa tetes madu, kemudian minum dua kali sehari.

Yoghurt

Susu hasil permentasi ini bisa mengembalikan keseimbangan bakteri sehat dalam tubuh atau tepatnya dalam usus. Cobalah makan yoghurt dua kali sehari ketika sedang menderita gejala diare.

Delima

Buah delima ini mengandung anti-jamur dan juga anti-bakteri. Sehingga delima ini bisa menjadi obat herbal untuk mengobati diare. Konsumsilah dengan cara meminum segelas jus delima.

Kayu manis

Cobalah untuk meminum teh kayu manis, minum dua kali sehari. Bisa juga dengan menambahkan jahe dalam teh tersebut, sehingga kandungan keduanya bisa cepat mengatasi diare.

Demikian cara mengobati diare secara alami semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang menderita diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *