Cara Mengobati Keracunan Makanan Secara Alami

Keracunan makanan merupakan kondisi yang muncul akibat dari mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme jahat, seperti bakteri, virus, dan parasit. Gejala keracunan makanan bisa dimulai beberapa saat setelah makan hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Gejala yang umumnya terjadi antara lain:

  • Merasa mual dan muntah-muntah.
  • Mengalami diare.
  • Sakit atau kram perut.

Kontaminasi yang umumnya terjadi pada kasus keracunan makanan disebabkan oleh:

  • Bakteri, contohnya Campylobacter, salmonella, Escherichia coli (E. coli), Listeria, dan Shigella.
  • Virus, contohnya norovirus dan rotavirus.
  • Parasit, contohnya cryptosporidium, Entamoeba histolytica, dan giardia.

Baca juga: Kiat Sehat Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Kebanyakaan kasus keracunan makanan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Untuk meredakan gejala yang terjadi, kalian bisa beristirahat secukupnya dan minum banyak cairan karena jika mengalami dehidrasi. Namun apabila kondisi tubuh memburuk bisa mengonsumsi beragam makanan yang memiliki khasiat mengobati keracunan makanan. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai cara mengobati keracunan makanan secara alami. Berikut adalah beberapa makanannya:

Jahe

Gejala utama dari keracunan makanan diantaranya adalah mual, mulas dan perasaan tidak nyaman dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut bisa mengonsumsi teh jahe. Kandungan dalam jahe dapat menenangkan tubuh dan mengatasi serta mencegah serangan bakteri.

Lemon

Untuk membunuh bakteri yang sebabkan keracunan makanan, kalian mendapatkan penangkalnya dengan mengonsumsi lemon. Karena lemon diperkaya dengan antiinflamasi, antibakteri dan antivirus, yang bisa membantu tubuh dalam melawan bakteri penyebab keracunan makanan.

Cuka sari apel

Untuk mengobati gejala keracunan makanan dengan cepat, coba konsumsi cuka sari apel. Karena efek alkali dalam cuka ini dapat membunuh bakteri dan menenangkan pencernaan. Caranya siapkan 1 gelas air hangat, campurkan dengan 2 sendok teh cuka sari apel.

Daun kemangi

Bagian dari tanaman kemangi yang paling banyak manfaatnya adalah daun. Daun kemangi bisa menjadi solusi untuk mengobati keracunan makanan. Sifat antimikrobanya dapat memberi bantuan padauntuk membersihkan pencernaan dari mikroorganisme merugikan.

Pisang

Buah khas daerah tropis ini kaya akan kalium, yang bisa mengatasi muntah dan mual, akibat keracunan makanan. Buah pisang termasuk obat cepat untuk keracunan makanan. Karena buah pisang ini mudah untuk dicerna. Selain itu, pisang juga bisa memenuhi energi tubuh penderita keracunan makanan.

Bawang putih

Antibakteri dan antivirus dalam bawang putih mampu menjadi salah satu obat untuk mengobati keracunan makanan. Konsumsi satu siung bawang putih untuk menurunkan gejala-gejala keracunan makanan.

Susu dingin

Meminum susu dingin ketika keracunan makanan adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Tidak hanya untuk menenangkan perut, susu dingin juga dapat mengurangi muntah dan mual.

Biji jintan

Jintan ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab keracunan makanan. Cara rebus biji jintat dan tambahkan sedikit garam, lalu ambil airnya. Minum dua kali sehari.

Buah apel

Buah yang memiliki biji sedikit beracun ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat menjadi obat untuk keracunan makanan. Jadi segeralah makan buah apel ketika keracunan makanan.

Madu

Manfaat mau untuk kesehatan tubuh tak terhitung jumlahnya. Satu dari banyak manfaatnya adalah dapat mengatasi gejala-gejala keracunan makanan, karena mengandung antibakteri dan antijamur.

Demikian 10 cara mengobati keracunan makanan secara alami semoga bisa menjadi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *