7 Cara Mengobati Maag Dengan Bahan Alami

Penyakit maag atau radang lambung merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada lambung, dimana dinding lambung mengalami peradangan. Di Indonesia sendiri penyakit ini cukup banyak penderitanya. Penyakit maag sendiri memiliki istilah medis bernama gastritis. Jadi, maag adalah penyakit akibat iritasi, perangan atau erosi pada lapisan lambung yang bisa terjadi terjadi tiba-tiba (akut) atau secara bertahap dan berlangsung lama (kronis).

cara mengobati maag dengan bahan alami

Sumber: i.ytimg.com

Maag erat sekali kaitannya dengan pencernaan, karena organ yang mengalami peradangan adalah lambung, sehingga gejala-gejala yang akan timbul terjadi pada beberapa organ pencernaan dari mulut sampai lambung. Adapun gejalanya, nyeri ulu hati atau terasa terbakar pada perut bagian atas yang dapat membaik atau memburuk setelah makan, perut kembung, perasaan penuh di perut bagian atas setelah makan, mual dan muntah, tidak napsu makan dan cegukan.

Apa penyebab sebenarnya dari penyakit maag ini? Sakit maag bisa disebabkan oleh beragam hal, diantaranya iritasi lambung akibat mengonsumsi alkohol berlebih, muntah kronis, stres dan bahkan penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau obat anti-inflamasi lainnya. Selain itu ada beberapa lain, yaitu Helicobacter pylori (H. pylori), anemia pernisiosa, infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Untuk mengatasi penyakit maag ini kita bisa menggunakan beragam bahan alami, tanpa mengonsumsi obat-obatan bebas. Selain bisa memberikan efek samping, obat-obatan bebas bila dikonsumsi jangka panjang bisa timbulkan gangguan pada organ lain. Dan solusinya, ada cara mengobati maag dengan bahan alami yang telah terbukti ampuh. Berikut adalah beberapa cara mengobati maag dengan bahan alami.

Cara 1:

Ambil beberapa kentang mentah, lalu kupas. Kemudian jus bersama dengan air hangat secukupnya. Kandugnan dalam kentang bisa membersihkan sistem pencernaan dan juga organ hati. Kentang juga memiliki kealkalian yang bisa mengobati gejala-gejala maag.

Cara 2:

Makanlah buah pepaya ini dengan mentah. Buah ini berisi beta karoten yang bisa meredakan dan mengobati penyakit maag.

Cara 3:

Panggang biji adas, diamkan sampai dingin. Lalu konsumsi dengan mengunyahnya setelah makan.

Cara 4:

Seperti biasa cara konsumsinya tinggal dimakan langsung. Banyak orang beranggapan bahwa buah ini bisa memperburuk maag, namun anggap tersebut salah. Faktanya kandungan nanas dilengkapi enzim pencernaan tertentu yang bisa meringankan gejala maag. Tapi, apabila kalian mempunyai alergi dan menderita maag sebaiknya jangan dulu, kalian bisa berkonsultasi ke dokter. Karena nanas ini bisa mengiritasi perut apabila penderita memiliki alergi.

Baca juga: 7 Cara Efektif Menghilangkan Perut Kembung

Cara 5:

Air kelapa juga bisa menyembuhkan penyakit maag. Kandungan dalam air kelapa ini diperkaya vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh mengatasi maag.

Cara 6:

Kalian bisa mengunyah potongan jahe secara langsung, sebagai obat untuk meringakan gejala penyakit maag. Karena jahe memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi.

Cara 7:

Ketika sedang mengalami gejala maag pastikan kalian meminum air sebanyak mungkin, sampai kenyang. Karena air bisa menurunkan keasaman dalam lambung.

Demikian beberapa cara mengobati maag dengan bahan alami. Kalian bisa mengonsumsi bahan-bahan tersebut cara rutin dan pastinya jangan terlalu berlebihan, terutama buah nanas, kecuali air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *