7 Macam Menu Makanan Penurun Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dewasa ini telah menjadi salah satu masalah medis yang banyak diderita. Dan kemungkinan tubuh kita juga sedang mengalami tekanan darah tinggi, untuk menurunkan tekanan darah tinggi kita harus menjaga dan membatasi asupan garam yang merupakan salah satu pemicu tekanan darah tinggi. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah cukup, kita mesti menerapkan menu makanan penurun darah tinggi.

Menu Makanan Penurun Darah Tinggi

Sumber: torange.biz

Tekanan darah tinggi sendiri adalah salah satu kondisi medis, dimana ukuran tekanan darah seseorang diatas normal, tepatnya lebih dari 120/80. Dan kebanyakan orang yang mengidap hipertensi cenderung tidak memiliki gejala yang signifikan.

Adapun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, seseorang dengan tekanan darah yang sangat tinggi mengalami gejala seperti sesak napas, sakit kepala berkepanjangan, mimisan, dan pandangan kabur atau penglihatan ganda.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegahnya, pada tulisan ini akan dipaparkan macam-macam menu makanan penurun darah tinggi, berikut adalah menunya.

Susu bebas lemak

Asupan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya adalah susu bebas lemak. Susu jenis ini kaa akan kalsium dan vitamin D. Dan akan lebih baik lagi bisa dikonsumsi selagi hangat.

Sayuran hijau

Ada banyak jenis sayuran yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya bayam yang mengandung banyak kalium yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tomat

Buah sekaligus sayuran ini menghadirkan kalsium, magnesium , vitamin C, vitamin D, dan vitamin E yang mampu membantu mengurangi tekanan darah, apabila dikonsumsi secara teratur.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Bawang putih

Kandungan dalam bawang putih terbukti mampu mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Dan juga bawang putih ini mampu menahan dampak buruk akibat tekanan darah tinggi.

Bubur gandum atau gandum

Mengonsumsi secara rutin gandum bisa membantu tubuh untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Pastikan gandum murni, biasanya menu makanan ini bisa didapat dari bentuk bubur atau bubur gandum (oats).

Makanan yang jauh dari garam

Sodium dalam garam adalah elemen yang bisa tingkatkan tekanan darah di arteri. Sehingga, mengurangi asupan garam menjadi hal penting untuk turunkan tekanan darah. Selain itu, makanan pedas juga bisa sebabkan peningkatan tekanan darah, jadi, hindari juga makanan pedas.

Buah-buahan segar

Beragam jenis buah memiliki mineral dan vitamin yang bisa membantu turunkan tekanan darah tinggi.

Selain 7 menu makanan penurun darah tinggi di atas, pastikan juga tubuh selalu mendapat asupan air dalam jumlah banyak setiap harinya, ini bertujuan untuk menurunkan ketegangan saraf yang juga salah satu faktor munculnya darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *