Makanan Untuk Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

Rutinitas sehari-hari akan sangat terganggu dengan datangnya sakit kepala. Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul di bagian kepala. Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah.

Makanan Untuk Meredakan Sakit Kepala
Sumber: www.flickr.com

Sebagian besar masyarakat mungkin akan langsung mengonsumsi obat-obatan bebas yang tersedian di warung-warung. Perlu kalian ketahui kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk kesehatan, karena apabila tubuh terus diberi asupan obat-obatan, tubuh bisa mengalami dampak buruknya. Beberapa risiko dari obat-obatan bebas:

  • Hepatotoksik.
  • Iritasi sistem pencernaan.
  • Perubahan suhu tubuh, tekanan darah, denyut nadi, dan detak jantung.
  • Nyeri pada dada dan sesak napas akibat gangguan pada paru dan jantung.
  • Kulit menjadi panas dan kering, atau sebaliknya, dingin dan lembap.
  • Muntah darah.
  • Muncul darah pada tinja saat buang air besar.
  • Koma.
  • Meninggal dunia.

Selain mengandung risiko, obat-obatan bebas belum tentu sesuai untuk menyembuhkan penyakit yang dialami. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan jelaskan beberapa makanan untuk meredakan sakit kepala. Berikut adalah daftarnya:

Kentang panggang

Kandungan dalam kentang panggang kaya akan kalium, yang mana bisa mengatasi sakit kepala, khususnya sakit kepala akibat alkohol karena dehidrasi dan hilangnya elektrolit. Menurut ahli diet New Jersey, Erin Palinski, RD, kentang yang dipanggang ini cocok sekali sebagai makanan penderita sakit kepala, karena kaliumnya bisa meredkaan sakit kepala secara berangsur-angsur.

Buah semangka

Penyebab utama dari sakit kepala adalah dehidrasi. Dan mengonsumsi obat bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi sakit kepala. Tubuh kita bisa diberi asupan makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka. Air murni yang terdapat dalam buah semangka juga mengandungan mineral penting, misalnya magnesium yang penting sekali untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala.

Kopi

Kandungan dalam kopi mampu meredakan sakit kepala. Khususnya sakit kepala akibat alkohol. Penyempitan pembuluh darah dan rasa sakit pada kelapa yang diakibatkan oleh alkohol bisa diatasi oleh kagein yang terdapat dalam kopi, sehingga dapat melonggarkan ukuran pembuluh darah dan meringankan sakit kepala.

Roti gandum

Kalian perlu mewaspadai ketika tubuh sedang melakukan diet karbohidrat. Karena apabila tubuh tidak mendapatkan suplai karbohidrat yang cukup, bisa menyebabkan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan glikogen, yang merupakan sumber energi untuk otak. Untuk solusinya, konsumsilah karbohidrat yang sehat, seperti roti gandumg atau oatmeal.

Baca juga: Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kacang badam

Menurut penelitian, magnesium yang terdapat dalam kacang badam mampu melindungi dan mengatasi tubuh dari sakit kepala dengan merelaksasi pembuluh darah. Bagian kalian yang migrain, cobalah untuk menerapkan makanan kaya magnesium dalam menu makan kalian, karena asupan magnesium yang cukup bisa mengatasi migrain. Dan salah satu sumber makanan kaya magnesium adalah kacang badam.

Bayam

Sayuran yang sarat dengan zat besi ini terbanyak terbukti mampu membantu menurunkan tekanan darah, mencegah mabuk dan membantu meringankan sakit kepala.

Demikian beberapa daftar makanan untuk meredakan sakit kepala yang bisa kalian konsumsi, sebagai cara untuk menghindari pemakaian obat-obatan bebas.

Leave a Comment