Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Sistem Saraf

Tubuh manusia terdiri atas beberapa sistem organ, semua sistem organ memiliki peran penting. Dan salah satu sistem yang paling penting adalah sistem saraf. Sistem ini memiliki peran untuk mengontrol semua gerakan kognitif, analisis, pengambilan keputasan, dsb.

makanan yang baik untuk kesehatan sistem saraf

Sumber: pixabay.com

Begitu pentingnya sistem saraf ini kita diwajibkan untuk selalu memperhatikan kondisi dari sistem saraf. Dan untuk menjaga kesehatan sistem saraf kita dituntung untuk memenuhi nutrisi yang tepat, dan sebagai kuncinya kita harus mengonsumsi beragam makanan yang baik dan bernutrisi.

Sistem saraf bisa mengalami masalah, baik itu karena penuaan atau penyakit. Bila sistem saraf rusak tubuh bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan di jari-jari kaki, Alzheimer dll.

Vitamin B1, B6 dab B12 adalah nutrisi penting untuk kesehatan sistem saraf. Tanpa Vitamin B1, neuron tidak dapat berkomunikasi, yang mengarah ke penyakit yang disebut beri-beri. Oleh karena itu kita haru tahu makanan yang baik untuk kesehatan sistem saraf. Berikut adalah makanan-makanan yang dimaksud.

Sayuran berwarna gelap

Sayuran yang memiliki daun atau warna gelap kaya akan folat dan vitamin B6 yang memecah homosistein – yaitu bahan kimia yang menyebabkan demensia, penipisan dinding arteri, penyakit Alzheimer, dll. Konsumsi sayuran ini setiap hari, karena makanan ini baik untuk sistem saraf.

Bayam

Bayam sarat dengan vitamin B1 dan antioksidan, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi otak. Rutin mengonsumsi bayam mampu mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan saraf.

Kakao

Biji coklat atau kakao kaya akan antioksidan, dan kakao bisa mencegah penyakit Parkinson. Selain itu, kakao pun bisa mengurangi stres oksidatif, yang membantu sistem saraf untuk bekerja lebih lama.

Biji-bijian utuh

Maksud dari biji-bijian utuh adalah makanan yang mengandung nutrisi alami dari keseluruhan bagian esensi biji. Jika biji-bijianan telah diproses seperti digiling, dieksraksi, dimasak dan/atau dihancurkan, itu bukan lagi biji-bijian utuh. Biji-bijian dan beras merah memiliki kandungan vitamin B6, yang bisa memecah homosistein. Magnesium dalam beras merah bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Baca juga: 7 Macam Menu Makanan Penurun Darah Tinggi

Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan, seperti kacang badam dan kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan alami, sehingga baik untuk kesehatan sistem saraf. Asam lemak omega-3 meningkatkan fungsi otak, sementara antioksidan merilekskan sistem saraf.

Bawang putih

Manfaat dari bawang putih salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol. Selain itu ada anioksidan dan unsur-unsur anti-penuaan, sehingga bawang putih bisa mengurangi kemungkinan terjadi kerusakan saraf.

Minyak zaitun

Jenis minyak ini diperkaya dengan polifenol, minyak zaitun juga bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, dll. Satu lagi, minyak zaitun baik sekali untuk kesehatan sistem saraf dan fungsi kognitif otak.

Teh hijau

Antioksidan dalam teh hijau bisa mengurangi stres pada sistem saraf dan menenangkan pikiran. Dan juga bisa mengurangi kemungkinan terjadi masalam pada sistem saraf.

Hidangan laut

Ikan dari laun kaya akan mineral, seperti magnesium, tembaga dan fosfor. Semua jenis mineral tersebut katalis untuk fungsi otak yang lebih baik, karena mineral tersebut membantu untuk menjaga keseimbangan ion dalam sistem peredaran darah.

Air dadih

Air dadih merupakan sumber alami L-tryptophan, yang merupakan asam amino esensial penting yang membantu dalam produksi serotonin.

Demikian 10 makanan yang baik untuk kesehatan sistem saraf. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur dan rutin, jangan lupa untuk rutin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *