5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertiroid

makanan yang harus dihindari penderita hipertiroidHipertiroid, juga dikenal sebagai kelenjar tiroid overaktif, adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hormon tiroid yang berlebihan di dalam tubuh. Jika kalian menderita penyakit ini, penting untuk mengetahui jenis makanan yang harus dihindari untuk menurunkan gejala yang sama. Diet yang tepat bersama dengan obat yang tepat akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan hormon tiroid kalian. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita hipertiroid.

Makanan tinggi yodium

Yodium meningkatkan aktivitas kelenjar tiroid. Oleh karena itu, jika kalian menderita hipertiroid, penting sekali untuk menghindari beragam makanan yang mengandung yodium. Cara terbaiknya kalian harus menahan diri untuk mengonsumsi beragam makanan laut dan berhenti menggunakan gatam beryodium.

Makanan tinggi tepung

Diperkaya tepung terdiri nutrisi lebih rendah dari biji-bijian dan sulit untuk dicerna. Menjadi makanan glikemik tinggi, dapat menyebabkan gangguan pada hormon dan kadar gula dalam tubuh. Mengambil dalam makanan yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dapat membantu untuk mengembalikan kadar hormon yang sehat termasuk tiroid. Cara terbaik adalah untuk menghindari diperkaya roti, pasta, sereal dan makanan ringan; sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi biji-bijian seperti gandum, beras merah, seluruh roti gandum, popcorn dan sejenisnya.

Daging merah

Daging merah memiliki kadar lemak jenuh tinggi yang merugikan keseimbangan hormonal tubuh. Jika kalian memiliki hipertiroidisme, beserta kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, mungkin bisa menjadi sulit untuk menyembuhkan hipertiroid. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk mengganti daging merah dengan sumber daging tanpa lemak seperti tuna atau salmon. Kalian juga harus berhenti mengonsumsi goreng, daging olahan, yang mengandung lemak tambahan.

Produk susu oalahan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa susu atau produk susu oalahan pada umumnya tidak baik untuk kondisi hipertiroid. Seringkali, somatotropin dan penisilin ditemukan dalam produk susu, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Dan juga, susu mengandung protein yang disebut kasein, yang mana bisa tubuh kitaproduksi. Kelebihan kasein membuat pencernaan sulit. Oleh karena itu, baiknya untuk menjauhi susu dan produk susu olahan lainnya seperti keju, yoghurt dan es krim untuk mengontrol hipertiroidisme.

Hindari kafein, alkohol dan tembakau

Orang yang menderita hipertiroid harus mengontrol asupan kopi, cokelat, alkohol, teh, minuman ringan dan tembakau jangan sampai berlebihan. Produk-produk tersebut stimulan dan dapat meningkatkan detak jantung dan memperburuk gejala seperti mudah marah, gugup dan kecemasan. Bicarakan dengan dokter sebelum mengambil produk ini.

Anda memiliki pilihan pengganti yang lebih sehat dan lebih baik untuk semua makanan yang disebutkan di atas. Jadi, menempel pilihan sehat untuk membawa hipertiroidisme bawah kontrol.

Leave a Comment