Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Proses produksi sel darah merah oleh tubuh erat sekali kaitannya dengan zat besi. Karena zat merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga, apabila seseorang kekurangan zat besi mereka akan merasa kelelahan tanpa sebab. Kondisi tubuh kekurangan zat besi sering dialami oleh wanita, karena wanita hanya mempunyai cadangan zat besi 0 – 300 mg sehingga rentan terhadap anemia, apalagi pada usia subur wanita mengalami menstruasi.

Tubuh yang kekurangan zat besi akan sangat penting sekali untuk memenuhi kebutuhan makanan yang diperkaya zat besi tinggi. Untuk itu sertakan selalu makanan tersebut dalam menu makan sehari-hari kalian. Pada tulisan ini kalian akan diberikan daftar makanan yang mengandung zat besi tinggi. Berikut adalah daftarnya:

Makan laut

Beberapa makanan laut atau seafood mampu mencukupi asupan zat besi. Kerang, tiram mengandung kadar zat besi tinggi, yang bernama heme. Heme ini adalah bentuk dari zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Seseorang yang menderita anemia disarankan mengonsumsi ikan dan beragan hidangan laut lainnya.

Kuning telur

Telur mudah sekali untuk kita dapatkan setiap hari. Selain kaya protein, telur juga diperkaya zat besi yang ada pada bagian kuning telur. (Baca juga: 7 Makanan Untuk Mengatasi Kekurangan Vitamin C)

Ikan

Umumnya ikan mengandung omega-3 dan 6, namun disisi lain ikan juga memiliki zat besi yang dibutuhkan tubuh. Ikan baronang adalah salah satunya, mereka memiliki 3,8 mg per 100 gramnya.Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram.

Sayuran berdaun gelap atau hijau

Sayuran banyak sekali jenisnya, dan sayuran yang memiliki kadar zat besi tinggi adalah sayuran yang berdaun hijau. Misalnya, bayam, kangung, daun singkong, sawi dsb. Jadi, bagi kalian yang menderita anemia segera konsumsi sayuran berdaun hijau setiap harinya.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Protein nabati dalam dua makanan ini mengandung kadar zat besi tinggi. Misalnya saja, kacang tanah, kacang kedelai, biji labu dsb. Tahukah kalian, bahwa dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi.

Daging merah

Salah satu daging merah yang diperkaya zat besi adalah daging sapi. Dalam 100 gram daging sapi, ada 2,8 mg zat besi, selain itu protein tinggi dalam daging sapi bisa mengembalikan energi tubuh.

Buah kering

Ada beragam buah kering, kismis contohnya. Mereka mengandung zat besi sekitar 1,9 mg dalam setengah cangkirnya. Jadi, perbanyaklah konsumsi kismis atau buah kering laiinya.

Demikianlah 7 makanan yang mengandung zat besi tinggi. Selain mengonsumsi makanan-makanan diatas, kalian juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *