5 Manfaat Biji Avokad Untuk Kesehatan

Avokad menjadi salah satu buah yang banyak digemari di Indonesia. Tumbuhan avokad ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Manfaat Biji Avokad Untuk Kesehatan

Sumber: pixabay.com

Ada banyak sekali manfaat dari buah avokad, salah satunya adalah dapat membantu kita mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Khasiat buah avokad ini tergolong sangat bervariasi mulai dari untuk penyakit ringan dan penyakit berbahaya seperti kanker yang tidak hanya kita peroleh dari manfaat kulit manggis dan manfaat sirsak.

Namun siapa yang menyangka bahwa biji dari buah yang identik dengan warna hijau ini kaya akan manfaat. Ingin tahu seperti apa manfaatnya? Berikut 5 manfaat biji avokad untuk kesehatan di bawah ini:

Memiliki sifat antitumor

Beberapa studi mengonfirmasi mengenai manfaat ini, misalnya dengan uji coba pada tikus dan mencit, yang menunjukkan bahwa senyawa dalam biji avokad memiliki sifat anti-tumor. Menurut “Encyclopedia of Common Natural Ingredients Used in Food, Drugs, and Cosmetics”, biji avokad memiliki flavonol yang bisa mencegah penyakit tumor.

Memiliki sifat antioksidan

Menurut studi yang dilakukan oleh National University of Singapore pada tahun 2003, bahwa biji alpukat memiliki sifat antioksidan yang lebih besar ketimbang biji buah lainnya termasuk mangga, asam, dan nangka.

Membantu sistem kerja pencernaan

Biji avokad memiliki peran penting dalam pengobatan tradisional, misalnya pengobatan pada gangguan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan bisa menyebabkan diare dan masalah yang lebih serius. Orang menggunakan biji alpukat untuk mengobati disentri dan diare.

Serat yang mudah larut

Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter kehormatan dari United Nations and the American Cancer Society, menyatakan bahwa biji avokad menjadi salah satu sumber serat tertinggi yang mudah larut. Ia juga mencatat bahwa biji alpukat memiliki lebih banyak senyawa penting. Bentuk serat ini penting untuk seorang pasien yang terkena penyakit jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kaya akan kalium

Dikutip dari artikel “California Avocado Society” pada tahun 1951, menunjukkan bahwa biji avokad mengandung kalium yang tinggi. Namun, tingkat kalium akan berkurang pada saat buah avokad mengalami kematangan. Oleh karena itu, pilihlah buah yang belum matang agar mendapatkan kandungan kalium terbaik. Tingkat signifikan fosfor juga terkandung dalam biji buah ini, tapi tidak sebanyak kalium.

Demikian 5 manfaat biji avokad untuk kesehatan, semoga bisa menjadi manfaat buah kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *