20 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Mengonsumsi satu apel setiap hari bisa mencegah beragam penyakit. Nutrisi penting dalam apel juga telah diketahui semua orang, yaitu vitamin dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Keefektifan buah apel bila dikonsumsi setiap hari bisa memulihakan kesehatan dan meremajakan tubuh. Apel sangat kaya akan serat dan vitamin C sebagai peningkat kekebalan tubuh.

Selain itu, buah apel juga baik untuk organ jantung, mencegah penyakit Alzheimer, kanker, mengurangi risiko diabetes dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Kalian bisa mengonsumsi apel dengan susu, misalnya dengan menjadinya sebuah jus. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai makanan penutup. Ingatlah selalu, apabila mengonsumsi apel pastikan dengan kulitnya, karena kandungan didalamnya kaya antioksidan.

Untuk lebih mengenal manfaat buah apel untuk kesehatan, berikut adalah daftarnya.

Mengurangi kolesterol jahat

Apel mengandung banyak pektin, serat larut yang mengurangi kolesterol. Pektin juga mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

Mencegah penyakit Alzheimer

Apel memiliki kandungan yang bisa mencegah penyakit alzheimer. Karena apel berisi kuersetin, yang merupakan sebuah antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari degenerasi.

Mengurangi risiko diabetes

Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat mengontrol gula darah. Apel juga memiliki Indeks Glikemik rendah. Selain itu, polifenol dalam apel bisa mengurangi penyerapan glukosa.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Apel adalah salah satu buah yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang disebut kuersetin dalam apel bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan suplai oksigen ke organ paru-paru.

Mencegah kanker pada usus besar

Kandungan serat yang ada dalam buah apel bisa membantu melawan pembentukan kanker pada usus besar.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel adalah sumber terbaik untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan banyaknya kandungan vitamin C. Apel menyediakan sekitar 14 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan.

Mencegah katarak

Meningkatkan asupan apel bisa membantu mencegah perkembangan katarak, karena apel memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Membaut kulit cerah

Kolagen dan elastin dalam apel, baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi buah apel secara langsung, bisa tingkatkan antioksidan dalam tubuh, yang bisa mencegah kerusakan sel dan jaringan.

Melindungi jantung

Salah satu manfaat dari apel adalah bisa melindungi organ jantung. Kandungna dalam apel bisa memperlambat oksidasi yang mengarah pada penyakit jantung.

Tingkatkan kesehatan mulut dan gigi

Dengan mengonsumsi buah apel secara teratur bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Karena ketika kita mengunyah apel produksi air liur akan meningkat, sehingga bisa membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung dalam apel, membersihkan plak yang bisa merusak gigi dan gusi.

Mengurangi risiko asma

Fitokimia dalam apel, seperti flavanoids dan asam fenolat, membantu membersihkan saluran udara dari peradangan.

Mencegah penyakit parkinson

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh dapat diatasi oleh antioksidan dalam apel, sehingga bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit parkinson. Parkinson ditandai dengan kerusakan padal sel-sel saraf yang memproduksi dopamin dalam otak.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Buah apel kaya akan potasium yang membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Sehingga bisa mengurangi risiko stroke.

Menurunkan berat badan

Antioksidan dan pektin dalam apel bisa membuat tubuh ramping. Polifenol dalam apel juga dapat mengatur metabolisme lemak pada orang memiliki indeks massa tubuh tinggi.

Memerangi kanker

Flavonoid seperti kuersetin dan triterpenoid dalam apel dapat memperlambat perkembangan kanker di usus besar, paru-paru dan payudara.

Melindungi tulang

Para peneliti percaya bahwa flavanoid yang disebut phloridzin hanya dapat ditemuka dalam apel. Flavanoid ini bisa melindungi wanita dari osteoporosis yang terjadi setelah menopause dan bisa tingkatkan kepadatan tulang. Boron dalam buah apel juga bisa memperkuat tulang.

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Dari Sirsak

Baik untuk otak

Apel telah dikaitkan dengna produksi asetilkolin, yang bisa membantu memperkuat memori otak dan menurunkan risiko terkena penyakit terkait organ otak.

Mencegah batu empedu

Apel kaya akan asam folat yang sangat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol tubuh. Batu empedu sendiri terbentuk atas kolesterol dalam tubuh yang tinggi.

Mentralkan sindrom iritasi usus besar

Kandungan serat yang tinggi dalam apel bisa membantu menetralkan sindrom iritasi usus besar.

Mengobati anemia

Mengonsumsi 2-3 buah apel setiap hari bisa membantu tubuh mengobati anemia, karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Demikian 20 manfaat buah apel untuk kesehatan yang sangat populer sebagai bahan makanan penunjang diet. Semonga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *