6 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Tuna merupakan salah satu sumber nutrisi yang seharusnya selalu ada dalam menu makan setiap hari. Jenis ikan ini memiliki protein tinggi dengan rendah lemak. Kepadatan nutrisi dalam ikan tuna dibuktikan bahwa tuna juga mengandung, mineral seperti kalium, magnesium dan selenium, kemudian vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan
Sumber: www.flickr.com

Kandungan dalam tuna memiliki manfaat luar biasa, misalnya mampu mengurangi gejala depresi dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi jantung, meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi nyeri sendi. Makan laut ini juga tidak terlepas dari sumber alami DHA dan EPA, yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Mari kita lihat lebih dalam mengenai manfaat ukan tuna untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Vitamin E dan selenium yang hadir dalam ikan tuna mampu membantu mencegah beberapa jenis kanker, misalnya kanker pankreas dan kanker yang akan terjadi pada seitp organ saluran pencernaan. Asam lemak omega-3 dal am tuna juga bisa mencegah kanker payudara dan mengurangi risiko tertular leukemia.

Menjaga kesehatan mata

Sebuah kondisi merugikan yang terjadi pada mata akibat pertambahan usia, salah satunya adalah degenerasi makula. Penyakit tersebut disebabkan oleh penglihatan mata yang memburuk dan bisa mengakibatkan hilangnnya penglihatan sentral dan kondisi tersebut merupakan penyebab utama kebutaan pada orang diatas usia 50 tahun. Asam lemak omega-3 mampu mencegah kondisi degenerasi makula, dan tuna juga bisa melindungi mata dari sindrom mata kering.

Menurunkan berat badan

50% kebutuhan protein harian tubuh kita bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ikan tuna dengan ukuran 3 ons, ukuran tersebut mengandung 110 kalori. Dengan mengganti asupan daging dengan ikan tuna, sebagai sumber utama protein, kalian bisa secara efektif mengontrol berat badan. Tapi, penurunan berat badan tergantung pada cara kita mengonsumsinya, misalnya apabila ikan tuna ditambah dengan mayones kemungkinan berat badan turun akan susah.

Baca juga: 10 Makanan yang Kaya Asam Lemak Omega-3

Detoksifikasi tubuh

Selenium yang hadir dalam tuna adalah unsur terpenting dalam untuk memproduksi glutathione peroxidase, yang merupakan antioksidan penting. Antioksidan ini diperluka organ hati untuk menjaga kesehatan organnya.

Melindungi kesehatan jantung

Mengonsumsi ikan tuna bisa menurunkan risiko terkena penyakit kadriovaskular secara signifikan. Asam lemak omega-3 juga membantu dalam mengurangi pembekuan darah dan mencegah terjadi serangan jantung dan stroke. Tuna juga mencegah peradangan dan konversi kolesterol menjadi plak yang bisa menyumbat arteri.

Meningkatkan kesehatan otak

Menerapakan ikan tuna pada menu makan setiap hari bisa membantu dalam mencegah penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer. Ini karena asam lemak omega-3 mencegah peradangna dan meningkatkan pasoka darah ke otak. Niacin yang hadir dalam ikan tuna juga berperan penting dalam menunda penurunan fungsi kognitif dan mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer.

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan bisa menjadi hal yang harus diperhitungkan pada makanan sehari-hari kita. Apabila memiliki dana lebih sebaiknya kalian segera membelanjakannya pada ikan tuna.

Leave a Comment