Kandungan dan Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu jamur, tumbuhan yang mengandung nutrisi tinggi ini memiliki rasa gurih dan termasuk makanan sehat. Jamur ini telah lama dikenal sebagai makanan sehat dan bahkan di negeri Cina jamur ini dikenal sebagai tumbuhan obat. Ada banyak sekali macam-macam jamur yang bisa kita makan, salah satu yang populer adalah jamur kancing.

manfaat jamur untuk kesehatan
Sumber: pixabay.com

Perlu kalian ketahui bahwa tubuh jamur terdiri dari benang-benang yang disebut dengan hifa. Dan juga termasuk tumbuhan yang bersifat heterotrof. Terdapat 140.000 spesies jamur di seluruh dunia. Tapi, 100 spesies yang dianggap layak untuk dikonsumsi.

Ada banyak sekali manfaat jamur untuk kesehatan, menurut ahli gizi, jamur memiliki kandungan yang mampu mengatasi beragam masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, anemia, kolesterol tinggi, dsb. (Baca juga: Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh)

Jamur juga bisa menjadi makanan alternatif pengganti protein daging. Karena jamur memiliki nutrisi yang umum ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan daging. Untuk mengetahui lebih jelas, simak kandungan dan manfaat jamur untuk kesehatan.

Protein rendah lemak dan serat

Kedua elemen yang terdapat dalam jamur ini dapat membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu protein dalam jamur mampu membakar kolesterol tubuh dan serat dapat menjaga keseimbangan HDL dan LDL tubuh.

Zat besi

Jamur adalah salah satu sayuran yang sarat dengan zat besi. Zat besi sendiri efektif sekali dalam membangun sel-sel darah merah dan menjaga agar tetap aktif dan fungsional. Keberadaan zat besi dalam tubuh yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi jamur secara rutin dapat mengurangi kelelahan, lesu dan nyeri sendi yang diakibatkan oleh anemia.

Asam linoleat

Ada beragam manfaat dari mengonsumsi jamur. Apakah kalian tahu bahwa jamur mampu mencegah kanker payudara? Jamur memiliki asam linoleat yang bisa membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan estrogen. Karena paparan hormon estrogen merupakan salah satu penyebab kanker payudara, yang akan terjadi setelah menopause.

Beta-Glucan

Komponen yang terdapat dalam jamur ini memiliki fungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker pada prostat. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa jamur memiliki kandungan yang bisa menghentikan penyebaran radikal bebas dalam tubuh.

Antibiotik dan insulin alami

Salah satu manfaat kesehatan dari mengonsumsi jamur adalah mampu mengontrol diabetes. Jamur merupakan sumber makanan yang sarat dengan insulin alami dan enzim lainnya yang bisa membantu dalam memecahkan gula menjadi molekul sederhana yang bisa dicerna tubuh. Dan antibiotik alami dalam jamur bisa mencegah penderita diabetes dari infeksi.

Kalsium

Banyak perempuan yang mengalami pengeroposan tulang setelah umur 30 tahun. Hal ini terjadi karena kurangnya kalsium dalam tubuh mereka. Cegah segera penyakit osteoporsis dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, dan jamur merupakan makanan yang cocok untuk menguatkan tulang dan mampu mencegah penyakit pengeroposan tulang.

Vitamin D

Bila tubuh telah banyak diberikan asupan kalsium, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin D, ini berguna untuk menyerap kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin D adalah jamur. Jamur mampu membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfor yang masuk.

Dapatkan kandungan dan manfaat jamur untuk kesehatan dengan mengonsumsinya secara teratur dan rutin.

Leave a Comment