Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Sebagian orang mungkin suka sekali dengan pisang, tidak hanya rasanya yang enak dan bisa mengisi perut, tapi tahukah kalian bahwa ada bagian dari pohon pisang yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh, yaitu jantung pisang. Jadi, tidak hanya buahnya saja yang bisa memberi manfaat untuk tubuh.

manfaat jantung pisang untuk kesehatan
Sumber: en.wikipedia.org

Bunga pisang atau masyarakat Indonesia suka menyebutnya jantung pisang merupakan bagian pisang yang posisinya berada di atas pohon pisang, memiliki warna merah kehitam-hitaman, bagian dari pohon pisang ini akan berubah menjadi buah pisang apabila telah tiba waktunya.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Setiap Hari

Seperti halnya buah pisang, jantung pisang ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Nutrisi dalam jantung pisang juga sangat beragam. Berikut adalah beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan:

Menyembuhkan anemia

Jantung pisang kaya akan zat besi. Kita tahu zat besi merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena zat besi merupakan pendukung pembentukan sel darah merah. Jadi, mengonsumsi jantung bisa mengobati penyakit anemia, dengan meningkatkan produksi sel darah merah.

Mengatasi haid tidak teratur

Hormon dalam tubuh kita bisa di kontrol dengan mengonsumsi jantung pisang, karena hormon adalah penyebab dari haid tidak teratur. Baik itu gangguan hormon atau ketidak seimbangan hormon.

Meningkatkan produksi ASI

Nutrisi tertentu yang terdapat dalam jantung pisang bisa merangsang pengeluaran susu dari payudara perempuan yang baru menyusui. Sehingga jantung pisang ini bisa meningkatkan produksi ASI.

Membantu mengontrol diabetes

Penelitian menunjukan bahwa jantung pisang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu, dengan demikian jantung pisang ini baik sekali untuk mengatasi gejala-gejala diabetes.

Meningkatkan kesehatan rahim

Jantung pisang yang kaya akan zat besi, kalsium dan tembaga ini, ternyata bisa meningkatkan kesehatan rahim dan mencegah infeksi rahim, sehingga baik sekali untuk tingkatkan kesuburan.

Meredakan sembelit

Dengan serat tinggi dalam jantung pisang, mereka yang menderita sembelit bisa mengonsumsi jantung pisang. Karena seratnya ampuh untuk meningkatkan kontrasi rektum, sehingga bisa melancarkan pencernaan yang sembelit.

Mengurangi peradangan dan infeksi

Jantung pisang sarat dengan kandungan yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga mampu mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi di dalam tubuh, seperti maag, nyeri sendi, infeksi bakteri dan lain sebagainya.

Demikianlah manfaat jantung pisang untuk kesehatan, semoga bisa membantu menjadi referensi kesehatan.

Leave a Comment