8 Manfaat Kulit Buah-buah Untuk Kesehatan

Buah-buah dan sayuran memiliki manfaat yang baik untuk menjaga dan juga meningkatkan kesehatan tubuh. Mungkin kalian pernah mendengar sebuah kaliamat “satu apel perhari, bisa menjauhkan kita dari dokter”.

Namun, ketika mengonsumsi, bagaimana cara kalian mengonsumsinya? Mungkin ada yang beberapa orang yang mengonsumsi apel tanpa kulitnya. Bagi kalian yang memiliki kebiasaan mengonsumsi apel tanpa kulitnya, kalian sedang dijalan yang salah. Mengapa? Karena kulit apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa manfaat kulit buah-buahan untuk kesehatan? Sebenarnya kutli buah-buahan mengandung serta, yang baik untuk pencernaan, tepatnya usus. Namun, tidak hanya buah-buahan saja sayuran juga demikian.

Baca juga: Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Selain baik untuk pencernaan, kulit buah-buahan juga memiliki manfaat kesehatan lain. Apakah semua kulit buah-buah harus dimakan? Tidak juga, pikirkan buah-buahan yang layak untuk dimakan dengan kulitnya. Jangan sampai kulit durian dimakan, hehehe…

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi kulit buah-buahan:

Sumber fitonutrien

Manfaat dari kulit buah salah satunya adalah untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Karena kulit buah-buahan kaya akan fitonutrien. Konsumsilah buah-buah lebih banyak setiap harinya.

Sumber antioksidan

Blueberry, jeruk kumquat dan sebagainya adalah buah-buah yang memiliki kulit dengan kandungan antioksidan, seperti tanin, antosianin, catechin, dll. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk menghambat penuaan dan mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kaya akan serat

Kulit buah mengandung serat larut yang merupakan solusi untuk mengatasi sembelit. Beberapa buah-buah seperti apel, mengandung pektin yang dapat mengontrol kolesterol tubuh dan membantu menyemibangkan kadar gula darah.

Mengontrol asupan kalori

Apabila kalian untuk menurunkan berat badan, sebaiknya menyertakan buah-buahan dalam menu makan sehari-hari, yang buah tersebut bisa dimakan dengan kulitnya. Kulit buah sarat dengan serat larut yang tidak hanya sebagai solusi untuk sembelit, juga bisa membantu mengurangi asupan kalori.

Sumber mineral dan vitamin

Banyak sekali jenis kulit buah yang mengandung banyak mineral dan vitamin. Misalnya dalam jambu biji dan buah jeruk, kulit mereka mengandung vitamin C, zat besi dan kalium.

Mengobati asma

Mungkin kalian akan terkejut dengan fakta ini, salah satu penelitian ilmiah baru-baru ini telah membuktikan bahwa kulit buah markisa memiliki bronkodilator, yang dapat merelaksasi pasien asma dengan membersihkan saluran udara dari bronkospasme. Selain itu, kulit markisa juga bisa membantu menghilangkan batuk akibat asma.

Sebagai obat alami Alzheimer

Penderita Alzheimer pasti membutuhkan obat-obatan dokter. Dan juga, menu makan sehari-hari juga harus memiliki nutrisi tinggi dan baik untuk penderita. Misalnya, kulit anggur mengandung resveratrol, yang merupakan fitonutrien untuk membantu penderita Alzheimer. Selain itu kulit anggur juga dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.

Meredakan peradangan

Selain kaya akan vitamin A dan C, kulit buah persik juga memiliki antioksidan yang dapat meredakan segala jenis peradangan yang terjadi pada tubuh. Konsumsilah kulit buah persih untuk membantu menghilangkan peradangan dalam tubuh.

Demikian 8 manfaat kulit buah-buahan untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *