Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Kunyit telah lama digunakan sebagai bahan yang dibutuhkan untuk bumbu masak. Dan kunyit ini adalah salah satu rempah-rempah yang memberi warna kuning untuk makanan, dan manfaat kunyit untuk kesehatan juga banyak. Tanaman kunyit ini termasuk tanaman asli wilayah Asia Tenggara. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini tergolong dalam kelompok jahe-jahean.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Sumber: youtube.com

Terlepas dari penggunaan sebagai bumbu masak, kunyit juga dikenal secara luas sebagai bahan obat herbal atau alami. Salah satu kandungan utama dalam kunyit, yang disebut curcumin diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Karena kunyit memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, anti jamur, antivirus dan antibakteri, yang mana baik untuk mengobati beragam penyakit.

Kunyit juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh kita, yaitu vitamin B, C, E dan K, zat besi, kalsium, serat, dan magnesium. Dan salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi kunyit adalah dalam bentuk teh.

Kalian hanya perlu menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit untuk 3-4 cangkir berisi air panas, lalu biarkan selama beberapa menit. Kemudian saring dan tambahakan madu atau perasaan lemon. Meminum teh kunyit setiap hari membantu mencegah beberapa masalah kesehatan. Dan pada artikel ini blogtasiknature.com akan membahas mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan.

Berikut daftar manfaat kunyit untuk kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari:

Penghilang rasa sakit alami

Didalam kunyit terkandungan anti-inflamasi. Ini bermanfaat sekali untuk mereka yang sedang menderita rasa sakit, baik karena nyeri sendi, kram perut, dsb.

Membantu mengontrol berat badan

Bagi kalian yang sedang mencari obat untuk menurunkan berat badan, kunyit bisa menjadi solusinya. kandungan kurkumin dalam kunyit membantu tubuh dalam menurunkan berat badan dan juga membantu mencegah obesitas.

Mengontrol gejala diabetes

Kunyit telah terbukti dalam membantu dalam mencegah gejala diabetes. Sebuah studi membuktikan bahwa kunyit membantu dalam mengurangi resistensi insulin dan mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Mengobati gangguan pencernaan

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit ini memiliki sifat anti-inflamasi. Dan hal tersebut dapat membantu mengurangi kerusakan pada lapisan usus dan mengurangi rasa sakit.

Mengontrol tingkat kolesterol

Kurkumin yang merupakan senyawa akitf yang ditemukan dalam kunyit membantu dalam mencegah peningkatkan kolesterol tubuh. Sehingga manfaat kunyit untuk kesehatan yang demikian juga bisa mengurangi kolesterol jahat, sehingga bisa mencegah risiko tekanan darah tinggi dan juga serangan jantung.

Mencegah penyakit Alzheimer

Kurkumin yang hadir dalam kunyit membantu memblokir akumulasi plak di otak, sehingga bisa membantu mencegah perkembangan lebih lanjut dari Alzheimer.

Mendetoksifikasi hati

Kurkumin dalam kunyir juga dikenal akan sifat antioksidannya. Mengonsumsi kunyit dalam bentuk teh bisa mencegah kerusakan hati dan beragam penyakit lainnya yang terkait dengan hati.

Meningkatkan sistem imun

Senyawa yang bernama kurkumin dalam kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antijamur, antivirus dan antibakteri. Sehingga kunyit dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan beberapa infeksi dalam tubuh.

Mencegah kanker

kunyit bisa membantu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Kurkumin dalam kunyit bertindak sebagai agen kemopreventif efektif dan mengurangi efek samping.

mengobati radang sendi

Kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan radang sendi atau arthritis. Hal tersebut terjadi karena kurkumin bertindak sebagai agen anti-inflamasi, sehingga bisa membantu mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat radang sendi.

Demikianlah manfaat kunyit untuk kesehatan jika dikonsumsi setiap hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *