Sumber Vitamin Untuk Mata Agar Tetap Sehat

Seperti halnya kulit yang selalu mendapatkan perawatan, mata juga seharusnya mendapatkan hal yang demikian. Kita tahu perawatan sederhana agar mata tetap sehat adalah dengan rutin memberikan asupan vitamin dengan mengonsumsi wortel. Kalian harus mengetahui, bahwa tidak hanya wortel saja yang menyediakan vitamin untuk mata.

Kesehatan mata tidak hanya dapat dijaga oleh vitamin A saja, ada beragam vitamin lain yang terbukti mampu melakukan hal demikian, diantaranya vitamin C, E, zinc, lutein dan asam lemak omega-3. Dan daya lihat kita bisa tetap terjaga dengan beragam vitamin tersebut, baik itu karena pertambahan usia atau katarak.

Vitamin Untuk Mata

Sumber: pixabay.com

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari beragam vitamin tersebut kita mesti tahu sumber vitamin untuk mata. Berikut adalah beberapa jenis sumber makanan yang memiliki vitamin untuk mata:

Ubi dan labu kuning

Kedua bahan tersebut memiliki kandungan beta karoten, seperti halnya wortel atau buah dan sayuran yang berwarna kuning. Beta karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang bisa mencegah mata dari rabun senja. Cara konsumsi kedua bahan tersebut sangat mudah sekali, kalian bisa menyajikan labu sebagai sup atau ubi dengan dipanggang.

Bayam atau sayuran hijau lainnya

Menurut studi sayuran hijau mampu mengurangi terjadi kerusakan mata oleh katarak dan penurunan daya lihat. Ini karena sayuran hijau kaya akan antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin. Hal-hal yang bisa membahayakan mata juga dapat diserap oleh antioksidan, misalnya polusi udara, paparan sinar matahari dan asap rokok. Dan bayam menjadi salah satu sumbernya, namun selain bayam, sayuran berwarna hijau lainnya juga memiliki bisa menjadi sumbernya.

Baca juga: Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Sistem Saraf

Ikan tuna, salmon dan sarden

Asam lemak jenis DHA diketahui banyak terdapat pada ikan laut, termasuk salmon, sarden dan tuna. Apabila tubuh kekurangan DHA, menurut penelitian kondisi tersebut bisa menyebabkan sindrom mata kering. Tidak hanya itu, asam lemak tersebut juga memiliki peran untuk mambantu kinerja mata dan mencegah mata dari peradangan. Manfaat dari ikan tersebut bisa didapat dengan mengonsumsinya dua kali seminggu.

Kepiting tiram

Tingginya zinc dalam kedua bahan makanan tersebut, mampu membantu kinerja mata untuk tetap optimal. Penuhi kebutuhan zinc setiap harinya dengan mengonsumsi dua buah tiram.

Jeruk, stroberi dan aneka buah beri

Vitamin C dalam ketiga bahan makanan tersebut berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa kurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Mengonsumsi satu mangkuk dari salah ketiga bahan tersebut setiap harinya bisa mencukupi kebutuhan vitamin C.

Kacang badam

Tubuh harus diberi asupan vitamin E setiap harinya, dan kacang badam merupakan sumber dari vitamin E tersebut. Degenerasi makula bisa diperlambat dengan vitamin E dalam kacang badam. Konsumsi kacang tersebut dengan ukuran satu genggam per hari. Tidak hanya kacang badam, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga kaya akan vitamin E.

Baca juga: 10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan

Telur

Kurangi risiko penurunan daya lihat dengan mengonsumsi telur. Karena kuning telur kaya akan zinc, lutein dan zeaxathin yang bisa melindungi mata dari beragam masalah.

Ketujuh sumber vitamin untuk mata tersebut tidak akan cukup apabila mata kita tidak menghindari rokok, paparan sinar UV dan terlalu lama menatap monitor atau gadget. Jadi, perlu sekali untuk menghindari hal-hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *