Kenali 10 Tanda-Tanda Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum diderita wanita diseluruh dunia. Penyakit ini terjadi pada sel-sel leher rahim, tepatnya bagian bawah rahim yang menghubungkan vagina.

tanda kanker serviksBerdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar 2013, penyakit kanker serviks dan payudara merupakan penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh virus yang disebut human papilloma virus (HPV). Perempuan dari segala usia berisiko terkena kanker ini setelah mereka mulai melakukan hubungan seksual.

Faktor Risiko

Ada beberapa faktor risiko terkena kanker serviks, diantaranya kelebihan berat badan, seks bebas, penggunaan kontrasepsi oral, keturunan, merokok, sistem imun menurun, kehamilan kembar, dan kehamilan pertama di usia muda.

Ingat, bahwa peluang keberhasilan mengobati kanker serviks akan lebih tinggi jika terdeteksi pada tahap awal. Dengan menggunakan tes Pap dan vaksinasi HPV, mungkin dapat mengobati serta mencegah kanker serviks.

Dengan pengetahuan tentang faktor risiko dan tanda-tanda dari kanker serviks, kalian dapat segera mengatasi kanker ini.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kanker serviks yang harus kalian ketahui.

Pendarahan Tidak Normal Pada Vagina

Kebanyakan wanita yang didiagnosis kanker serviks ditandai dengan perdarahan yang tidak teratur.

Pendarahan atau menstruasi sebelum waktunya atau diluar kebiasaan dan keluar secara teratur bisa menjadi indikator kaker serviks. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti ketidakseimbangan hormon, penyakit radang panggul atau infeksi pada organ panggul.

Kanker yang menyebar ke jaringan di sekitarnya, membuat kapiler abnormal yang bisa mudah untuk pecah dan sebabkan pendarahan. Pendarahan ini bisa terjadi diantara periode menstruasi, setelah melakukan hubungan seksual, dan setelah menopause.

Segera temui dokter jika mengalami pendarahan di antara siklus menstruasi atau setelah hubungan seksual.

Mengalami Keputihan Berlebihan

Ketika kalian mengalami keputihan berlebih, bau busuk atau keputihan tidak teratur, itu bisa menjadi tanda infeksi atau kanker leher rahim.

Ketika menderita kanker serviks, pengeluaran cairan akibat keputihan bisa lebih banyak, cair, lebih pucat, berwarna coklat atau bercampur darah.

Nyeri Saat Berhubungan Badan

Merasakan sakit ketika berhubungan seksual bisa menjadi tanda peringatan dari kanker serviks. Gejala ini menunjukkan kanker serviks stadium lanjut, yang berarti kanker telah menyebar ke seluruh jaringan dan organ reproduksi. Terlepas dari rasa sakit, kalian juga mungkin mengalami gejala lain, seperti keputihan berbau tidak biasa.

Tanda ini juga bisa menunjukan ada masalah lain, seperti infeksi atau PMS.

Jangan pernah mengabaikan tanda ini, bila kalian mengalaminya. Segera temui dokter.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul merupakan hal umum bagi para wanita. Kram dan nyeri adalah bagian normal dari siklus menstruasi dan biasanya tidak menunjukkan adanya kanker atau kondisi serius lainnya. Namun, rasa sakit yang berlangsung dalam waktu yang lebih lama dan terjadi lebih sering, bisa menjadi tanda kanker serviks.

Jika kalian menderita kanker serviks, kalian mungkin bisa mengalami nyeri panggul dan muncul secara tiba-tiba kapan saja.

Sering Buang Air Kecil

Kita mungkin akan sering atau lama di kamar mandi, apabila kita meningkatkan asupan cairan. Namun, ketika kondisi ini terjadi tanpa alasan yang jelas, mungkin kondisi ini harus segera di waspadai.

Buang air tidak terkontrol adalah masalah utama bagi penderita kanker serviks. Tanda ini biasanya menunjukan bahwa kanker telah menyebar ke luar area dan mempengaruhi kandung kemih atau organ lain dari sistem kemih. Penderita juga akan mengalami kencing bercampur darah.

Berat Badan Menurun Tanpa Alasan

Seperti bentuk-bentuk lain dari kanker, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dapat menjadi tanda kanker serviks. Ini terjadi karena ketika tubuh menderita kanker, sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk melawannya.

Tubuh memproduksi protein kecil yang disebut sitokin, yang memecah lemak di tingkat yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan.

Sering Kelelahan

Kondisi tubuh yang lelah biasanya dengan istirahat akan kembali berenergi. Tapi, jika dengan istirahat tubuh tidak kunjung bugar, meskipun beristirahat cukup lama, itu bisa menjadi tanda ada yang salah dalam tubuh kita.

 

Ketika menderita kanker, sel-sel darah merah yang sehat digantikan oleh sel-sel darah putih untuk melawan kanker. Hal ini menyebabkan anemia, sehingga sebabkan kelelahan, kekurangan energi dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, terjadi penurunan pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

Respon tubuh akan anemia adalah tanda peringatan bahwa kanker ini mengalami pertumbuhan pesat, dan segera lakukan pengobatan.

Rasa Nyeri Di Kaki

Wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks sering mengalami pembengkakan dan rasa sakit di kaki. Ketika kanker menyebar, kanker menghalangi aliran darah, yang menyebabkan pembengkakan di kaki. Pembengkakan ini sering membuat nyeri, sehingga sulit untuk bergerak.

Penderita akan merasakah rasa sakit konstan dan akan terus meningakat intensitasnya. Pada kasus yang jarang, penderita kanker ini juga bisa merasakan nyeri di punggung.

Ingat bila kalian mengalami tanda-tanda di atas segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

 

 

Leave a Comment