9 Tanda-Tanda Batu Ginjal Pada Wanita

Batu ginjal mungkin tidak asing ditelinga kita. Masalah kesehatan tersebut merupakan suatu kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Tahukah kalian bahwa batu ginjal merupakan kondisi yang cukup umum diderita oleh orang-orang yang berusia 30 hingga 60 tahun dan besar kemungkinan juga diderita oleh kaum wanita?

nyeri perut
Sumber: i.ytimg.com

Penyakit pada ginjal ini terbentuk karena mengonsumsi makanan yang tidak tepat, yang menyebabkan kadar kalsium dalam urine tinggi atau kadar asam urat tinggi. Misalnya makanan yang mengandunga oksalat maupun vitamin D dan makanan yang memicu asam urat meningkat. Bisa juga karena mengonsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi yang dicampur dengan antasida kalsium.

Ukuran batu ginjal yang belum begitu membesar bisa keluar lewat sistem kemih, melalui urine. Namun apabila ukurannya besar, mungkin akan kesulitan mengatasinya dan bisa saja kondisi tersebut harus dilakukan pengangkatan batu ginjal atau tepatnya operasi. Dalam beberapa kasus perjalan batu ginjal untuk keluar, bisa menyebabkan infeksi pada organ kemih.

Dan untuk mencegah hal-hal yang buruk terjadi, khususnya untuk kaum wanita, perlu untuk diketahui gejala atau tanda-tanda batu ginjal pada wanita agar jika kalian menderita batu ginjal dengan tahap awal, kalian bisa segera mengatasi kondisi tersebut. Karena jika batu ginjal ini diketahui sudah tahap akhir, maka bisa berakibat fatal. Berikut adalah beberapa tandanya.

Sakit perut bagian bawah

Nyeri perut bagian bawah merupakan gejala batu ginjal yang tidak boleh diabaikan oleh setiap wanita. Apalagi bila disertai dengan urine keruh. Untuk lebih meyakinkan, kalian bisa melakukan tes urine.

Nyeri pangkal paha

Rasa nyeri pada pangkal paha adalah gejala lain dari batu ginjal yang terjadi pada wanita. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika batu ginjal mengalami hambatan pada uretra ketika buang air kecil.

Sering buang air kecil

Ada beragam penyebab yang bisa timbulkan sering buang air kecil. Namun, apabila masalah tersebut terus berlanjut, itu bisa menjadi indikasi batu ginjal.

Warna urine keruh

Tanda selanjutnya dari batu ginjal adalah warna urine keruh. Meskipun warna urine keruh cenderung mengindikasikan ISK, tapi bisa saja merupakan tanda batu ginjal. Agar lebih jelas bisa melakukan tes urine.

Sensasi terbakar saat buang air kecil

Ketika batu ginjal terhambat ketika buang air kecil, sensai terbakar akan muncul. Hal tersebut akan bertahan selama 5 sampai 6 menit, bahkan setelah batu ginjal keluar.

Mual dan muntah

Kondisi tubuh penderita batu ginjal akan merasakan mual. Dan juga mual ini bisa disertai dengan muntah, sehingga akan susah untuk beristirahat. Mual sendiri diartikan sebagai perasaan tidak nyaman pada bagian perut yang muncul sebelum muntah.

Demam Tinggi

Demam merupakan kondisi umum, sebagai sebuah tanda akan masalah yang terjadi pada tubuh. Demam tinggi juga merupakan gejala batu ginjal, kondisi ini juga akan disertai mual dan urine keruh.

Baca juga: Kiat Mudah Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Keringat berlebih

Ketika kalian menderita batu ginjal keringat dingin akan muncul, biasanya dibawah lengan, area antara selangkangan dan pada wajah. Tanda-tanda batu ginjal pada wanita ini tidak boleh untuk diabaikan.

Urine berdarah

Jika warna urine terlihat tidak biasa, dengan warna merah muda atau kemerahan, kondisi tersebut adalah salah satu tanda batu ginjal yang harus segera diwaspadai. Perhatikan juga bau urine apabila baunya menyengat dan tidak enak.

Demikianlah 9 tanda-tanda batu ginjal pada wanita, yang harus diwaspadai. Apabila tanda-tanda tersebut dialami, segera untuk memeriksakan diri kedokter, dan perbanyak konsumsi cairan.

Leave a Comment