8 Tips Mengatasi Computer Vision Syndrome

Sindrom gangguan mata akibat penggunaan komputer atau computer vision syndrome (CVS) adalah kondisi mata yang terasa pegal ketika terlalu lama memfokuskan mata pada monitor atau layar digital. Sindrom ini telah banyak diderita masyarakat secara umum, dan itu menjadi tanda bahwa masyarakat banyak yang menggukana teknologi digital.

Tips Mengatasi Computer Vision Syndrome
Sumber: www.goodfreephotos.com

Dan bahkan sindrom ini telah banyak ditemukan pada anak-anak. Ini terjadi karena mereka kecanduan video game. Sindrom ini muncul akibat dari penggunaan computer terus menerus.

Dan gejala-gejala dari sindrom ini diantaranya:

  • Mata pegal
  • Sakit kepalaPan
  • dangan kabur
  • Mata kering
  • Leher dan pundak sakit

Apabila kalian berkonsultasi dengan dokter spesialis mata, mungkin akan meresepkan obat tetes mata. Karena untuk mendapatkan obat tetes mata dari dokter spesialis cukup merogoh kocek cukup dalam, kalian bisa menggunakan beberapa pengobatan yang bisa dilakukan dirumah.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi computer vision syndrome:

Mencuci mata

Ketika bekerja terlalu di depan monitor dan merasakan gejala computer vision syndrome, cobalah untuk mencuci mata. Tapi, gunakan air steril untuk mencuci mata beserta larutan khusus mata, dan kalian bisa memakai air dalam kemasan. Lakukan ketika mata merasakan gejalanya.

Merawat mata dengan metode 20-20-20

Ikutilah metode ini untuk mengatasi sindrom gangguan mata akibat penggunaan komputer, caranya setiap 20 menit berhentilah menatap monitor dan lihat benda-benda yang berjarak 20 kaki, terus lihatah lihat benda tersebut sampai 20 detik. Kemudian bekerja kembali.

Jarak mata dengan monitor

Terkadang kita menatap monitor terlalu dekat, dan kalau hal tersebut menjadi kebiasaan dampak buruk akan terjadi. Termasuk computer vision syndrome, untuk menghindari itu jaga jaraklah sekitar 12-15 inci dari monitor.

Gunakan mentimun

Untuk merawat kondisi kesehatan mata dan mengatasi computer vision syndrome, kalian bisa menggunakan mentiumun. Caranya, irislah mentimun dan tempatkan di mata. Pastikan mata dalam kondisi tertutup. Mentimun ini bisa merilekskan mata dan mengurangi stres.

Baca juga: Resep Untuk Mengobati Flu Secara Alami

Gunakan kacamata khusus

Kalian pernah mendengar kacamata antiradiasi atau yang sejenisnya? Kacamata tersebut cocok sekali untuk kalian yang bekerja di depan monitor. Namun, untuk menggunakan kacamata tersebut kalian harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata. Kacamata ini bisa melindungi mata dari blur light monitor yang berbahaya untuk mata.

Konsumsi buah amla

Buah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mata. Kandungan bauh amla ini dapat merilekskan mata penderita CVS. Cobalah minum jus buah amla setiap 2 kali sehari.

Tempatkan monitor di pinggir jendela

Untuk mengatasi dan mencegah CVS tempatkanlah monitor di pinggir jendela atau bersebelahan dengan mata. Ini bertujuan untuk mencegah cahaya dari monitor masuk secara langsung ke mata.

Gunakan pelembab tetes mata

Gunakanlah cairan tetes mata untuk tetap melambabkan mata. Cairan ini juga mengurangi peradangan, kemerahan dan iritasi mata. Gunakanlah 2-3 kali sehari.

Demikianlah cara mengatasi computer vision syndrome

Leave a Comment